Thursday 8 June 2017

Backup & Restore Mikrotik



Postingan kali ini berisi tentang Backup & Restore. konfigurasi di mikrotik. Kenapa harus Backup dan Restore? apa keuntungannya?. Karena jika terjadi sesuatu atau ingin mengganti router mikrotik yang baru kita tidak perlu repot lagi untuk konfigurasi. langsung saja berikut cara cara nya

Backup
1. Pertama disini kita akan coba backup terlebih dahulu. pada backup kali ini kita akan coba membackup satu konfigurasi yaitu IP Address.

2. Untuk cara membackup sangatlah mudah yaitu dengan mengetikan perintah system backup save name="nama file backup".

3. Pada contoh diatas kita akan beri nama backupannya dengan rahadian.backuo. File backup ini bisa saja diberi password. namun pada contoh diatas saya tidak memberi password. Hasil backup tersebut juga bisa kita liat pada tab Files yang ada pada winbox seperti gambar dibawah ini.

4. Lakukan reset konfigurasi pada router untuk membuktikan hasil dari backup diatas

Restore
5. Sekarang kita akan coba restore file backupnya  dengan menggunakan perintah system backup load name="nama file backup" . Pada saat kita merestore, router akan meminta reboot untuk menetapkan perubahan.

6. Lakukan pengecekan kembali. Bisa kita lihat pada disini, karena pada file backup tadi kita membackup konfigurasi IP address, jadi pada saat direstore konfigurasi IP tersebut akan terdapat pada router mikrotik.

Backup Otomatis
1. Pertama, klik menu system kemudian pilih script.

2. Pada Scripts, klik add (+)

3. Setelah itu, pada tab script tambahkan script baru kemudian beri nama untuk script tersebut. setelah itu pada kolom source isikan syntak untuk membackup konfigurasi.

4. Sekarang pindah ke tab System > Schedule untuk membuat jadwal backup otomatis.

5. Pada Schedule, klik add (+) kemudian isikan nama schedulenya bebas terserah, pada Start Date itu menunjukan pada tanggal berapa script yang  pertama kali dijadwalkan untuk berjalan. Start Time menunjukan pada waktu kapan script tersebut pertama kali dijalankan. Interval adalah jangka atau range waktu file script tersebut di update secara otomatis.

Sekian Semuga Bermanfaat..

Related Posts

Backup & Restore Mikrotik
4/ 5
Oleh