Monday 15 May 2017

Lab 8.18 Configure Reverse Proxy pass



Proxying biasanya digunakan untuk mendistribusikan muatan di antara beberapa server, menampilkan konten dari situs web yang berbeda secara mulus, atau meneruskan permintaan untuk memproses ke server aplikasi melalui protokol selain HTTP.
semua konten website hanya ada pada node, pada controller tidak ada konten web apapun. Controller hanya mengarahkan saja. Pastikan semua cluster (controller dan node) sudah diinstall nginx.


1. Yang pertama kali kita edit adalah zona forward dari file konfigurasi DNS yang telah kita buat sebelumnya, yang terletak pada direktori /var/named/.
nano /var/named/"forward zone name"
2.  Tambahkan dahulu server node1 pada file forward.

3. Tambahkan juga server node1 pada file reverse.

3. Restart DNS
systemctl restart named
4.  lakukan pengetesan pada domain node1 ini dengan menggunakan perintah dig.
dig (nama domain node) 

5. Buat file konfigurasi baru untuk reverse proxy pada /etc/nginx/conf.d/ didalam controller node. Untuk namanya bebas tapi harus berakhiran .conf, disini saya menamakannya vhost.conf.
 Keterangan
proxy_redirect digunakan untuk mengubah response header location dan refresh pada respon server. Namun pada gambar dibawah ini kita mengaturnya menjadi off yang menandakan kita tidak menggunakan proxy_redirect
$http_host digunakan untuk menetapkan header host ke header host dari permintaan client. Header yang dikirim oleh client selalu tersedia di nginx sebagai variabel. Variabel akan dimulai dengan awalan $http_, diikuti oleh nama header dalam huruf kecil, dengan tanda hubung digantikan oleh garis bawah.
proxy_set_header digunakan untuk menyesuaikan / mengatur header untuk koneksi proxy. Misalnya untuk mengganti header host dan menambahkan beberapa header tambahan yang umum dengan permintaan proxy.
X-Real-IP merupakan IP client sehingga proxy dapat benar membuat keputusan atau log berdasarkan informasi ini.
X-Forwarded-For adalah daftar yang berisi alamat IP dari setiap server yang telah diprogramkan client sampai saat ini. Pada contoh di atas, saya menetapkan variabel $proxy_add_x_forwarded_for . Variabel ini mengambil nilai dari header X-Forwarded-For asli yang diambil dari client dan menambahkan alamat IP server Nginx sampai akhir.

proxy_pass_header merupakan identifikasi nama server yang dicari di antara kelompok server yang ada, dan jika tidak ditemukan, maka tentukan dengan menggunakan resolver.

Node 1

1. Edit file index.html yang berisi konten dari web server kita nantinya yang secara default file index.html ini terletak di direktori /usr/share/nginx/html.
nano /usr/share/nginx/html/index.html

2. Akses web server pada server node1 dengan mengetikkan nama domain yang ada pada server controller. Maka akan muncul tampilan web server yang ada pada server node1.






























Related Posts

Lab 8.18 Configure Reverse Proxy pass
4/ 5
Oleh